March 17, 2011

Gua Pindul

Gunungkidul Terletak sekitar 7 km arah utara Kota Wonosari, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul menyimpan potensi wisata yang menarik. Beberapa potensi wisata tersebut antara lain Gua Pindul, Gua Gelatik, Monumen Sudirman, Situs Sokoliman, Banyumoto, serta areal pemancingan. Namun, hingga saat ini belum ada perhatian khusus dari pemerintah daerah untuk mengembangkan obyek wisata tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Bejiharjo, Subagyo, kepada Jogjatrip.com pada Jumat (8/10). Lebih lanjut Subagyo menjelaskan bahwa obyek wisata yang ada di Desa Bejiharjo, khususnya di Dusun Gelaran, belum tergarap dengan masimal karenaketiadaan dana untuk membenahi kawasan tersebut. Akibatnya, wisatawan pun belum banyak mengetahui potensi wisata yang ada di daerah ini.

“Sebenarnya kami ingin mengembangkan keseluruhan potensi wisata yang ada supaya layak dikunjungi. Namun, berhubung belum ada dana bantuan, warga masih terfokus pada pembenahan Gua Pindul yang bisa digunakan untuk cavetubing,” ujarnya.

Gua Pindul sendiri merupakan gua horizontal sepanjang 300 meter, lebar 5 meter, dengan sungai bawah tanah yang mengalir di dalamnya. Gua yang terhubung dengan bendungan Kali Banyumoto ini, memiliki aliran air yang sangat tenang, sehingga cocok digunakan untuk cavetubing segala usia. Tak jauh dari Gua Pindul, terdapat Gua Gelatik yang merupakan gua kering. Gua ini masih belum tersentuh karena jalan masuknya berupa celah yang sangat kecil dan hanya bisa dimasuki dengan cara merangkak. Namun, di dalam gua tersebut terdapat ruangan yang cukup luas.

“Karakteristik Gua Pindul ini berbeda dengan Gua Kalisuci, di Gua Pindul aliran airnya lebih tenang dan aksesnya lebih mudah. Aman untuk dimasuki siapa saja, bahkan oleh anak-anak sekalipun. Kami sendiri berharap Gua Pindul dapat menjadi salah satu alternatif wisata Gunungkidul selain pantai, karena memang berpotensi untuk dikembangkan,” ujar Lutfi Setya Nugroho, SE, salah seorang Staf Bidang Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gunungkidul yang turut mendampingiJogjatrip.com saat memasuki Gua Pindul.

Sujarwono, SH, Staf Pemasaran Dispar Gunungkidul lainnya, mengatakan saat ini memang belum ada dana stimulan dari pemerintah daerah untuk pegembangan potensi wisata di Desa Bejiharjo. “Bantuan yang Dinas Pariwisata berikan hanya berupa promosi, pemasaran, dan pendampingan. Promosi yang baru saja dilakukan yaitu mengadakan famtrip yang salah satu lokasinya adalah Desa Bejiharjo,” terang Sujarwono saat ditemui Jogjatrip.com di kantornya.

Masyarakat Desa Bejiharjo sendiri berharap supaya potensi wisata yang ada di desa mereka dapat menjadi obyek wisata terpadu. “Sebab selain obyek wisata alam dan situs bersejarah, Desa Bejiharjo juga memiliki aktivitas seni budaya yang rutin dilakukan oleh warga masyarakat. Semoga hal itu bisa menjadi magnet tersendiri untuk menarik wisatawan,” harap Subagyo. Guna mewujudkan harapan tersebut, hal-hal yang sedang dilakukan oleh Pokdarwis Desa Wisata Bejiharjo saat ini adalah penataan lingkungan, kebersihan, dan mulai menyediakan paket wisata.


Sumber: www.jogjatrip.com


1 komentar:

Yacob said...

Mistis....

Kalau gua-gua gitu pasti menyimpan misteri...

Pernah ngerti Goa Permoni???

http://www.yacob-ivan.co.cc/2011/01/tiga-jembatan-dan-satu-goa.html

Post a Comment