January 6, 2014

Jangan Sampai Salah Pilih Dalam Melamar Kerja

Pada akhir tahun 2013 saya melamar di perusahaan future cabang yogyakarta. Kebetulan pada waktu itu ada lowongan Assistan Manager, dari awal saya sudah mulai curiga karena perusahaan itu menggunakan email bukan email dari perusahaan, ya gak papa saya coba-coba lamar siapa tau dapat panggilan, hehe.. Yang saya heran jadi Assistan Manager  gak perlu pengalaman kerja. 

Selang seminggu saya dapat tlp untuk mengikuti interview, saya jalani aja. Pada saat interview saya disuruh menceritakan tentang pendidikan saya, setelah itu ditanya Apa yang anda tau tentang perusahaan ini?. Pada waktu itu saya menjawab sepengetahuan saya. Yang bikin saya curiga lagi malah pihak pewawancara menjelaskan tentang profil perusahaannya, semacam promosi. haha..


Setelah interview selesai saya langsung disuruh mengikuti training selama tiga hari lalu penandatangan perjanjian terus ujicoba kerja dua bulan. Saya bertanya pada diri saya "Bener gak ya Jadi Assistan manager cuma training tiga hari" Kalau bener berarti saya hebat. haha...

Pada hari pertama saya datang mengikuti training, ternyata hampir semua yang interview kemaren mengikuti training. Berarti lolos semua dong... Pada sesi pertama training peserta training dikenalkan dengan profil perusahaan, setelah itu mulai beranjak ke materi, materinya tentang trading forex dll. Saya baru pertama ini mengikuti training yang trainernya santai, banyak bercanda. Untuk masalah ruangan training, ruangannya ber AC tetapi bedesak-desakan karena ruangannya kecil dan jumlah peserta sekitar 20 orang. Pada saat training dianjurkan memakai kemeja putih, tetapi pada kenyataannya ada yang memakai pakaian bebas tetap dimaklumi, boleh ikut bahkan ada yang terlambat juga boleh ikut masuk.

Yang saya heran lagi, training dari perusahaan ternama koq tidak memakai proyektor, di dalam ruangan training tidak ada proyektor jadi masih secara konvensional pakai white board dan spidol, seperti waktu sekolah SMP. Wkwk. Akhirnya saya putuskan untuk meninggalkan perusahaan ini sampai tahap training sesi pertama di hari pertama.

Sore harinya saya dapat tlp lagi dari perusahaan future yang lain, saya dapat panggilan interview lagi. Katanya pihak yang tlp saya kalau ada pertanyaan sms aja di nomor ini. Saya mulai curiga lagi karena ada HRD perusahaan ternama yang melayani sms yang tidak penting dengan calon karyawannya.. Kebetulan pada waktu itu saya tidak bisa ikut wawancara dan saya minta hari lain untuk interview, akhirnya saya diberi waktu lain untuk wawancara. Saya belum tau mau datang apa tidak karena tempat interview lokasinya jauh sekitar satu jam dari tempat tinggal saya.

Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak diskusi para kaskuser di sini

1 komentar:

Trio Adhitya said...

thanks for the information..
pleace, visit back to st3telkom.ac.id

Post a Comment