March 25, 2011

AWAS! Hati-Hati Jangan Sampai Anda Tertipu

Belum lama ini saya mendapatkan pesan singkat dari no yang mengatasnamakan SID@MUNCUL isi dari pesan tersebut adalah

(818)Plgn Yth, Selamat anda mdptkn hadiah cek Rp 15 jt. Dari Kukubima ENER-G!. U/Info hub kantor PT. SIDOMUNCUL 021-3613 1828

Dalam pesan di atas ada angka 818, angka tersebut digunakan untuk mengecoh pembaca agar seolah- olah pesan tersebut dikirim dari 818. Meskipun ada angka 818 saya tidak terkecoh oleh hal tersebut.

Setelah membaca pesan tersebut, saya berpikir kalau pesan tersebut merupakan penipuan. Saya menyimpulkan begitu karena saya tidak pernah mengikuti program undian apapun tetapi tiba-tiba dapat pesan singkat seperti itu, secara logika jelas tidak masuk akal. Selang dua hari dari pesan tersebut masuk, saya iseng mencoba menghubungi nomor telpon yang tertera dalam pesan tersebut, ternyata nomor tersebut sudah tidak aktif. Dengan demikian saya menjadi semakin yakin bahwa pesan singkakt tersebut merupakan penipuan.

Hal di atas hanya salah satu penipuan melalui pesan singkat yang pernah saya alami, masih banyak model-model penipuan melalui pesan singkat, jadi selalu waspada, jangan sampai anda tertipu.

Agar terhindar dari penipuan melalui pesan singkat , berikut ini adabeberapa tips agar tidak tertipu oleh penipuan melalui pesan singkat:
  1. Jangan terburu-buru menanggapi pesan singkakat tersebut.
  2. Pastikan dari instansi/perusahaan mana undian tersebut diselenggarakan.
  3. Hubungi pihak instansi/perusahaan penyelenggara undian, cari info nomor telpon instansi/perusahaan melalui internet atau yang lain, lalu telpon tanyakan benar tidak ada program undian, ingat jangan sekali-kali anda menghubungi nomor yang ada dalam pesan singkat.
  4. Jangan melakukan transfer uang kepada pihak manapun yang belum anda kenal.
Demikian tips dari saya semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment