January 4, 2014

WASPADALAH!! SD Card tidak selalu aman

Kartu memorii SD Card sering digunakan padqa laptop, kamera digital, handphone, smartphone, dan perangkat lainnya. Perlu diwaspadai bahwa SD Card ternyata memiliki lubang keamanan yang bisa membahayakan penggunanya.

Peneliti Andrew Huang dan Sean Cross telah menemukan cara untuk meng-hack SD Card. Mereka menemukan celah keamanan yang dapat membahayakan pengguna. Hal ini terjadi karena kartu memori memiliki komputer kecil yang disebut microcontroller yang biasa digunakan untuk melihat detail suatu data yang tersimpan.

Dengan memanfaatkan celah tersebut, seseorang bisa mencegat data yang sedang ditransfer dari satu penyimpanan ke penyimpanan lainnya. Mereka kemudian bisa memeriksa dan memodifikasi data tersebut.

Huang dan Cross mengatakan bahwa celah tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menyalin data secara sembunyi-sembunyi, memodifikasi data sensitif seperti password, atau menjalankan suatu file execution yang tidak semestinya.


Tidak hanya mengancam jenis memori SD Card, melainkan juga penyimpanan berbasis flash lainnya, seperti SSD yang kini dipakai sebagai pengganti hard disk mekanis dalam PC, atau penyimpanan embedded multimedia card controller (eMMC controller) dalam smartphone.

Dengan demikian anda harus waspada dan hati-hati agar data penting anda tidak disalin orang lain.

Sumber: http://tekno.kompas.com

0 komentar:

Post a Comment