February 7, 2013

Manfaat Sekolah dan Kuliah



Mengenyam pendidikan pada institusi pendidikan formal yang diakui oleh lembaga pendidikan negara adalah sesuatu yang wajib dilakukan di Indonesia. Mulai dari anak tukang sapu jalan, anak tukang dagang martabak mesir, anak tukang jambret, anak pak tani, anak bisnismen, anak pejabat tinggi negara, dan sebagainya harus bersekolah minimal selama 9 tahun lamanya hingga lulus SMP.

Mungkin banyak dari kita yang mempertanyakan apakah sebenarnya fungsi pendidikan formal tersebut. Kenapa kita harus sekolah dan mengapa semakin tinggi jenjang pendidikan kita maka semakin baik? Berikut Manfaat dan Fungsi Belajar di Sekolah dan di Perguruan Tinggi yang dikutip dari situs organisasi.org :

1. Melatih Kemampuan Kemampuan Akademis Anak (Biar Pintar)
Dengan melatih serta mengasah kemampuan menghafal, menganalisa, memecahkan masalah, logika, dan lain sebagainya maka diharapkan seseorang akan memiliki kemampuan akademis yang baik. Orang yang tidak sekolah biasanya tidak memiliki kemampuan akademis yang baik sehingga dapat dibedakan dengan orang yang bersekolah. Kehidupan yang ada di masa depan tidaklah semudah dan seindah saat ini karena dibutuhkan perjuangan dan kerja keras serta banyak ilmu pengetahuan.


2. Menggembleng dan Memperkuat Mental, Fisik dan Disiplin
Dengan mengharuskan seorang siswa atau mahasiswa datang dan pulang sesuai dengan aturan yang berlaku maka secara tidak langsung dapat meningkatkan kedisiplinan seseorang. Dengan begitu padatnya jadwal sekolah yang memaksa seorang siswa untuk belajar secara terus-menerus akan menguatkan mental dan fisik seseorang menjadi lebih baik.

3. Memperkenalkan Tanggung Jawab
Tanggung jawab seorang anak adalah belajar di mana orangtua atau wali yang memberi nafkah. Seorang anak yang menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik dengan bersekolah yang rajin akan membuat bangga orang tua, guru, saudara, famili, dan lain-lain.

4. Membangun Jiwa Sosial dan Jaringan Pertemanan
Banyaknya teman yang bersekolah bersama akan memperluas hubungan sosial seorang siswa. Tidak menutup kemungkinan di masa depan akan membentuk jaringan bisnis dengan sesama teman di mana di antara sesamanya sudah saling kenal dan percaya. Dengan memiliki teman maka kebutuhan sosial yang merupakan kebutuhan dasar manusia dapat terpenuhi dengan baik.

5. Sebagai Identitas Diri
Lulus dari sebuah institusi pendidikan biasanya akan menerima suatu sertifikat atau ijazah khusus yang mengakui bahwa kita adalah orang yang terpelajar, memiliki kualitas yang baik dan dapat diandalkan. Jika disandingkan dengan orang yang tidak berpendidikan dalam suatu lowongan pekerjaan kantor, maka rata-rata yang terpelajarlah yang akam mendapatkan pekerjaan tersebut.

6. Sarana Mengembangkan Diri dan Berkreativitas
Seorang siswa dapat mengikuti berbagai program ekstrakurikuler sebagai pelengkap kegiatan akademis belajar mengajar agar dapat mengembangkan bakat dan minat dalam diri seseorang. Semakin banyak memiliki keahlian dan daya kreativitas maka akan semakin baik pula kualitas seseorang. Sekolah dan kuliah hanyalah sebagai suatu mediator atau perangkat pengembangan diri. Yang mengubah diri seseorang adalah hanyalah orang itu sendiri.

Sumber: http://organisasi.org

5 komentar:

borescope said...

manfaatnya banyak banget ya hehehe

timbangan said...

setuju banget sama artikelnya nihh

Realita said...

Terimakasih

FKIP MATEMATIKA said...

buat apa di perkuliahan cal0n guru di jejali pelajaran yang tidak di ajarkan di jenjang pendidikan/semakin tingginya materi yang di ajarkan di perkuliahan, padahal seperti di ,sd,smp,sma, tidak di ajarkan. ?
Dan khusus buat matematika apakah sudah cukup pelajaran ,hitung,kurang,jumlah,bagi, kali,atau bangun ruang, datar, dan menghtng panjan,lebar,tinggi,luas,volum,sudut, bukankah sudah cukup? Knpa ada pelajaran putaran parabola,kutub, diferensial,turunan fungsi dsb. .buat apa?

Realita said...

Setiap ilmu itu pasti ada manfaatnya. Di smk diajarkan diferensial,integral fungsi dsb, materi ini sangat bermanfaat khususnya dalam dunia industri. Untuk kasus yang lebih luas persamaan diferensial dapat digunakan sebagai modal dalam pemodelan matematika. Banyak mahasiswa matematika dari UGM yang menggunakan materi tersebut dalam pemodelan matematika. Sebagai contoh ada mahasiswa yang menggunakan materi tersebut dalam bidang pemodelan penyebaran virus dengan sistem SIR, ada juga yang menggunakan dalam bidang cuaca & iklim. Matematika itu sangat luas, secara garis besar matematika dibagi menjadi tiga bidang yaitu bidang analisis, aljabar & terapan.

Post a Comment