September 2, 2012

Kampung Nusantara Desa Wisata di Jelok

Jembatan gantung  Jelok
Kampung Nusantara adalah konsep perpaduan desa wisata dan komunitas belajar pendidikan non-formal. Kampung Nusantara terletak di Padukuhan Jelok, Desa Beji, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Terletak disebelah barat ibukota kabupaten sekitar 15 Km. Kampung Nusantara menyajikan berbagai macam keindahan alam baik beerupa hamparan sawah yang senantiasa menghijau maupun gemercik sungai Oya yang menantang wisatawan untuk sekedar menikmati “Getek bambu” atau tubing mengikuti derasnya sungai Oya.

Rintisan Desa Wisata ini semakin menarik karena begitu wisatawan masuk ke lokasi sudah disuguhi dengan dengan jembatan gantung yang artistik di atas sungai Oya.


Kampung Nusantara juga memberikan layanan pendidikan nonformal bagi anak-anak di sekitar. Belajar bertani (menjangkul, mluku/membajak sawah dengan sapi), menyanyi, belajar menari atau melukis menjadi kegiatan unggulan dari komunitas belajar ini. Tenaga penegajar berasal dari berbagai elemen yang secara sukarela membantu keberadaan komunitas belajar ini.
Kegiatan seni dan budaya yang disuguhkan dari di desa wisata yang paling menarik diantaranya Bersih Kali Oya dan Rasulan.
Upacara Rasulan / Bersih dusun

2 komentar:

Anonymous said...

asiknya berbaur bersama di kampung nusantara jelok kita ini,sungguh moment yg tak akan di jumpai di tempat lain............siiipppp

Desa Wisata Jelok said...

Desa Wisata Jelok memang Top Markotop

Post a Comment